| 0 comments ]

Para peserta seleksi Cpns jangan terlalu mengharapkan keberuntungan dalam tes Cpns, namun mereka harus berusaha keras belajar dan berlatih soal yang berdasarkan kisi-kisi Seleksi Cpns yang berasal dari Pemerintah (resmi). Secara umum jenis seleksi terdiri dari TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang).

Bahkan terkait TKD (Tes Kompetensi Dasar), Pemerintah berketetapan hati untuk kembali menggunakan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebagai hasil akhir penetapan kelulusan seleksi CPNS. Ketetapan hati tersebut adalah seperti yang diperbuat pada seleksi Cpns di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Keputusan itu ditegaskan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) Yuddy Chrisnandi dalam rapat dengan Pj. Bupati Konkep H. Muh. Nur Sinapoy, Ombudsman RI, BPKP, BKN, serta Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, di Jakarta, Senin 25 Mei 2015.

Menpan-RB mengakui bahwa tidak mudah mengambil keputusan, dan setiap keputusan tidak bisa menyenangkan semua orang, tetapi pasti ada sebagian orang yang tidak senang. Masalah yang terjadi dalam seleksi CPNS Konkep berawal dari adanya laporan dari masyarakat yang menyebutkan adanya kebocoran tes kompetensi bidang (TKB). Selanjutnya Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2014 memutuskan dilakukan investigasi oleh BPKP.

Panselnas kembali membahas hasil investigasi BPKP dan Ombudsman, yang menyatakan bahwa terjadi kebocoran naskah soal dan jawaban. Dari situlah kemudian Menteri PANRB menerbitkan surat kepada Pj. Bupati Konkep yang menyatakan TKB dibatalkan, dan kelulusan ditentukan berdasarkan hasil TKD.

Disitulah letak pentingnya Tes Kompetensi Dasar, disamping Tes Kompetensi Bidang pun tak kalah pentingnya. Kami dari pengelola situs sleksicpns.com memberi suatu Latihan Soal Gratis untuk persiapan Seleksi Cpns Tahun Anggaran 2016. Berikut bisa filesnya bisa diunduh oleh para pengunjung yang membutuhkan :



Latihan / Prediksi Soal Seleksi Cpns 2016:


  1. Panduan Berlatih | Download Gratis
  2. Latihan Soal Seleksi Cpns 2016 - Jalur Umum | Download Gratis,
  3. Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini
  4. Latihan Soal Seleksi Cpns 2016 - Jalur Honorer | Download Gratis,
  5. Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


  • Download materi pelatihan Tes Wawasan Kebangsaan Cpns disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Tes Bahasa Indonesia


  • Download materi pelatihan Tes Bahasa Indonesia Cpns disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Tes Bahasa Inggris


  • Download materi pelatihan Tes Bahasa Inggris Cpns disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Tes Intelegensi Umum (TIU)


  • Download materi pelatihan Tes Intelegensi Umum Cpns disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Tes Karakteristik Pribadi (TKP)


  • Download materi pelatihan Tes Karakteristik Pribadi Cpns disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB)


  • Download Contoh materi pelatihan Tes Kompetensi Bidang Cpns disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini


Soal Tes Cpns Daerah (Cpnsd) 2016


  • Download Contoh materi pelatihan Tes Cpns Daerah disini,
  • Download Pembahasan Latihan Soal Seleksi Cpns disini



Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana berbagi tips untuk mengerjakan soal pada tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) yakni 90 menit untuk 100 soal. Beliau menyarankan agar peserta mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah terlebih dulu. Jadi sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk mengerjakan soal yang lainnya.

Dikatakan, soal yang sudah dikerjakan akan berubah warna dari merah menjadi hijau pada bagian bawah, jadi peserta tahu mana nomor soal yang belum dikerjakan. Ditambahkan, di luar ruangan peserta, terdapat layar untuk melihat total nilai sesuai pengerjaan peserta di dalam. Sedangkan peserta yang sedang menempuh soal-soal ujian tidak dapat mengetahui skornya sebelum menyelesaikan ujian. Hal ini akan menjamin transparansi dalam tes Cpns.

Sebagi informasi tambahan bahwa dalam pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT, peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi. Peserta yang telah selesai mengikuti tes, dapat mencatat nilai yang langsung muncul di kertas coretan yang telah disediakan panitia.

Semoga salah satu model sumber Belajar dan Berlatih Soal Seleksi Cpns 2016 dapat bermanfaat bagi para calon peserta Cpns 2016, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber :
- Humas Menpan
- ujiancpns.com

0 comments

Post a Comment