| 0 comments ]

Tes Skala Kematangan atau Maturity Test merupakan sebuah tes psikologi yang bermanfaat untuk mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu.
Adapun, materi Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam psikotes pada umumnya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang karyawan profesional. Aspek kedewasaan yang dimungkinkan diujikan dalam Tes Skala Kematangan Cpns antara lain :

Tes Skala Kematangan Aspek Integritas

Tes Aspek integritas bertujuan mengukur tingkat kebaikan atau ketulusan hati seseorang dalam kesehariannya. Seorang yang baik dan tulus hatinya, berani mengatakan benar itu benar, dan salah itu salah. Dia tidak takut terhadap risiko apapun yang menimpa. Dia berani memperjuangkan kebaikan dan kebenaran meskipun hal itu dapat membahayakan karirnya. Di jaman sekarang ini, orang-orang yang memiliki integritas semakin langka. Jumlahnya lebih sedikit dari burung Jalak Bali yang hampir punah. Orang-orang seperti inilah yang pantas mendapat tanggungjawab besar dalam memimpin dan mengatur urusan-urusan penting yang menyangkut rakyat banyak.

Tes Skala Kematangan Aspek Semangat Berprestasi

Tes Aspek semangat berprestasi bertujuan mengukur tingkat motivasi dan kekuatan tekad seseorang untuk melakukan tugasnya dengan baik dan meraih capaian-capaian tertentu yang signifikan dan penting. Tidak setiap karyawan maupun pegawai negeri memiliki karakter ini. Sebagian dari mereka hanya bekerja sesuai standar atau malah dibawah standar. Karyawan yang memiliki karakter ini biasanya akan meraih kesuksesan karir yang gemilang.

Tes Skala Kematangan Aspek Kreatifitas

Tes Aspek kreatifitas kerja bertujuan mengukur seberapa tinggi anda memiliki daya cipta untuk membuat sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru tersebut dapat berupa benda fisik, cara, sistem, ataupun hal lainnya. Sesuatu yang baru tersebut haruslah memiliki kelebihan tertentu dari yang lama. Apakah lebih baik sistemnya, lebih cepat pencapaiannya, lebih hemat sumber daya, ataupun kelebihan lain yang signifikan.

Tes Skala Kematangan Aspek Efisiensi Kerja


Tes Skala Kematangan Aspek Efisiensi Kerja bertujuan mengukur seberapa baikkah anda dalam menuntaskan suatu pekerjaan secara benar, namun dengan waktu yang lebih cepat, dan pemakaian sumber daya yang lebih hemat. Dalam dunia kerja, baik untuk pegawai negeri maupun pegawai swasta, efisiensi adalah karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap pekerja, karena tujuan organisasi dapat dicapai dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Para psikolog yang mengembangkan Maturity Test ini antara lain Dr. Robert Epstein, seorang psikolog Amerika yang meraih gelar PhD bidang Psikologi dari Universitas Harvard pada tahun 1981. Epstein adalah profesor dan peneliti psikologi, yang mendirikan Cambridge Center for Behavioral Studies di Massachusetts Amerika. Epstein juga merupakan peneliti dan Profesor pada California School of Professional Psychology, sekaligus mengajar di National University, Boston University, the University of Massachusetts at Amherst, the University of California San Diego, dan the HAL College of Technology and Design di Amerika.

0 comments

Post a Comment